Kesehatan & Kecantikan (Dr’s Secret)

October 29, 2008

BENARKAH DR’S SECRET BERBAHAYA ???

Filed under: 1 — Tags: — evicity74 @ 8:34 am

Duh…senang rasanya bisa menulis kembali di blog “KESEHATAN & KECANTIKAN’…Setelah sekian lama dengan kesibukan di luar, akhirnya……..bisa juga. Tapi satu hal yang semakin membuat saya tergerak ingin cepat-cepat menulis lagi disini adalah…mau ikutan nimbrung dan sharing dengan semua teman-teman yang suka searching berita di internet tentang produk-produk perawatan wajah. Tentu sudah sangat tidak aneh lagi kalau akhir-akhir ini banyak sekali perang informasi di internet atau adu argumentasi tentang kandungan bahan-bahan kimia yang berbahaya dalam suatu produk kecantikan, tak ayal lagi produk dr’s secretpun juga kena imbas jadi berita yang hangat dibahas…sehangat mentari pagi. Saya mau ikutan komentar sharing disini bukan mau bela-belain produk ini, hanya sayangkan kalau ada teman-teman lain kena imbasnya akibat berita-berita miring yang belum tentu ada kebenarannya. Menengok pengalaman pribadi sih jujur saya sudah cocok banget dengan menggunakan dr’s secret, justru karena sudah merasa sangat cocok dan penginnya pakai terus itulah yang membuat saya semakin banyak ingin tahu dan ingin mempelajari lagi lebih jauh serta menyelami lebih dalam tentang kandungan produk dr’s secret ini, Karena saya selalu menganut prinsip wanita jaman sekarang harus pintar dan cerdas tidak gampang ditipu atau dibodohi, Bila kita mendapat suatu berita sangat bijak kalau kita cari tau lebih jauh tentang kebenaran informasi tersebut.

Nah dari berbagai sumber informasi yang selama ini saya dapatkan, saya coba rangkum beberapa berita yang sempat saya baca-baca komentar serta masukan tentang produk dr’s secret :

  1. Tidak terdaftar di BPPOM (ada seorang bapak-bapak yang mengaku sempat mampir ke Plaza Semanggi dan membaca serta sempat melihat produk ini, dimana di kemasannya tidak ada label kandungan bahannya terdiri dari apa saja, juga tidak terdapat no. register BPPOM, termasuk ada salah satu pertanyaan dari rekan yang masuk ke blog saya.
  2. Daftar BPPOM tidak resmi alias palsu.
  3. Produk ini di Singapura tidak di kenal.
  4. Ada seorang yang mengaku kerabatnya dokter spesialis kulit yang katanya sudah memegang surat bukti pernyataan dari BPPOM bahwa produk ini mengandung mercury dan hidroquinon.
  5. Ada lagi yang mengatakan dia punya kenalan di Singapura yang dapat membuktikan di laboratorium bahwa produk ini mengandung mercury dan hidroquinon.
  6. Kalau memang produk nya bagus kenapa di jual secara MLM.
  7. Produk ini banyak bohongnya….karena kebanyakan orang tidak cocok dan menimbulkan reaksi alergi.
  8. Dugaan dan komentar dari sebagian orang-orang bahwa gak mungkin produk ini tidak mengandung mercury karena terjadi proses pengelupasan kulit….
  9. Ada juga yang mengatakan bahwa….produk ini dari namanya saja dr’secret…yang berarti menurut mereka adalah dokter rahasia……jadi karena rahasia…kalau terjadi apa-apa pasti tidak ada yang bertanggung jawab.
  10. Pernah juga sih pertanyaan yang diajukan kesaya oleh salah satu calon pemakai….kenapa produk ini tidak dibawah pengawasan dokter kulit, kalau terjadi apa-apa dengan pemakaiannya siapa yang bisa menangani.
  11. Dan masih banyak lagi……informasi negatif yang beredar tentang produk ini……bagi teman-teman yang juga pernah mendapat informasi yang tidak jelas tentang produk ini juga boleh memberi masukan, agar kita tidak tersesat

Buat saya pribadi dengan banyaknya informasi yang beredar….saya jadikan bahan untuk lebih mempelajari pengetahuan dan pemahaman tentang produk ini, kesinisan sikap dan ekpresi wajah tidak percaya tentang produk ini semakin membuat saya ingin tahu lebih banyak lagi dengan produk ini…ada apa sih……sampai banyak sekali informasi-informasi negatif dengan produk ini…..apakah produk ini sudah mulai menakutkan bagi kalangan tertentu atau bagi profesi tertentu…..ah….biarlah, saya tidak mau ikut-ikutan jadi berfikir negatif ke lain-lain….. yang penting…saya sendiri sudah tahu faktor keamanannya, sudah banyak sekali membantu memperbaiki permasalahan kulit saya…dan satu hal yang saya senang banget bisa membantu keluarga, teman-teman dikalangan sendiri dan yang sangat amazing adalah bisa membantu teman-teman yang kenal lewat internet atau yang membaca blog ”Kesehatan dan Kecantikan (dr’s Secret)” jadinya saya juga tambah banyak teman, trims ya buat semua yang sudah membaca blog ini dan akhirnya kita bisa saling bertemu, benar-benar luar biasa.

Karena itulah saya semakin terdorong untuk mencoba menelaah dan mempelajari lagi berbagai informasi dari sumber-sumber buku, artikel, majalah dan internet, juga informasi dari para pengguna produk ini, baik yang berhasil maupun yang gagal, termasuk informasi dari para senior beautician produk juga, dengan mereka yang sudah punya kesempatan bertemu langsung dengan kedua wanita cantik Dr Dora Hoan and Dr Doreen Tan pendiri perusahaan di bawah label BWL (Best World Life ), dan juga hasil training yang sudah saya ikuti beberapa kali, tak lupa juga berdasarkan analisa saya sendiri dari pengalaman dalam menggunakan produk ini.

Mengenai informasi tidak ada label bahan yang terkandung di dalamnya serta tidak ada no. register BPPOM…..

Sebetulnya juga aneh banget ya, karena jelas-jelas sekali setiap calon pembeli dan pembeli bisa membaca secara rinci apa saja kandungan yang terdapat dalam setiap produk, apalagi no. register BPPOM nya, teman-teman juga bisa lihat diblog saya semua dicantumkan no. registernya, kalau penjelasan secara rinci termasuk cara penggunaan, bisa dilihat di kotak kemasannya dalam bahasa Indonesia. Tapi tunggu, emmh…. saya jadi mikir apa karena mungkin ada teman-teman yang pernah melihat kemasan travel set, disitu memang tidak tertulis, karena kemasannya sangat kecil hanya untuk pemakaian 15 hari, yang tertera dikemasan tersebut hanya cara aplikasinya, biasanya teman-teman yang sudah memakai produk ini, membeli kemasan yang ukuran rata-rata isinya hanya 15 ml (untuk no.3,4,5) dan 30 ml (untuk no.1 dan 2) saat akan berpergian jadi tidak menuhin tas dengan bawa yang ukuran besar.

Daftar PPOM tidak resmi alias palsu….

Bagaimana mungkin ya, sebuah produk yang sudah sangat menyebar di seluruh Indonesia bahkan counternya saja salah satunya ada di Plaza Semanggi sebagai ”The Best Meeting Point” bisa menjual produk yang no.register BPPOM palsu, bukan hanya itu, kalaupun di Indonesia palsu bagaimana kalau yang dinegara-negara lain seperti Singapura, Malaysia, Brunai, Thailand, Australia dan bahkan sudah menyebar ke 8 negara didunia apakah mereka juga palsu ya, terus kenapa pemerintah melalui BPPOM tidak mengambil tindakan apa-apa terhadap produk ini, padahal saat ini pemerintah kita sedang gencar-gencarnya memerangi produk palsu serta mengandung bahan mercury yang beredar dipasaran, terbukti dengan penarikan produk DR.Kayama dan Obagi. Selain itu kita kan juga punya YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) harusnya juga sudah mulai bertindak….kalau memang produk ini berbahaya, kita punya undang-undang perlindungan konsumen salah satunya adalah undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, pasal 4 point C. mengenai hak dan kewajiban konsumen yang tertulis sbb: “Hak seorang konsumen adalah hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.”

Soal di Singapura tidak dikenal, dan produknya mengandung mercury serta hidroquinon ?

Untuk menjawab hal ini mungkin saya tidak termasuk ahlinya, nanti kalau ada teman-teman lain yang lebih tahu lagi atau yang pernah ke Singapura bisa share, saya pasti senang banget. Sepengetahuan saya produk dr’s secret ini diproduksi oleh suatu perusahaan yang sudah sangat bonafid serta establised, pabrik pembuatannya ada di Amerika, karena banyak menggunakan sumber tumbuh-tumbuhan yang ada di Amerika namun Lisensi Singapura karena untuk kulit Asia, tapi informasi terbaru lagi, sekarang juga sudah mulai masuk kenegara selain Asia. Memang kalau bertanya dr’s secret di Singapura tidak dikenal, setelah saya konfirmasi lebih lanjut ke yang lebih paham ternyata masyarakat Singapura kurang interest dengan perawatan wajah, umumnya kulit orang-orang di Singapura hampir tidak punya masalah, namun di Singapura kalau bertanya tentang BWL, hampir sebagian besar mengenal karena banyak yang mengkonsumsi suplemen dari BWL yang memang sangat bermamfaat bagi kesehatan. Satu lagi yang sangat membanggakan serta tidak meragukan lagi sudah masuk kebursa saham Singapura, bahkan tahun 2005 versi tabloid Monday perusahaan ini masuk kategori perusahaan the best no.2 di Singapura (silahkan lihat scan potongan copian tabloidnya, terutama dalam lingkaran garis merah)

bwl-007

Apa artinya itu ?? tidak perlu saya jelaskan panjang lebar, saya yakin tentu teman-teman semua lebih tahu untuk suatu perusahaan dapat masuk ke kepasar saham dan meramaikan bursa saham, pastilah perusahaan yang mempunyai kinerja baik, mempunyai keuntungan yang jelas secara berturut-turut, serta mempunyai kekuatan finansial yang sangat kokoh, apalagi kalau sudah masuk the best no.2 di Singapura, dan perusahaan BWL ini (yang memproduksi dr’s secret) mampu menembus itu, dibawah pengawasan ketat dari BPPOM dan HSA Singapura, secara awam saya sih berfikir apakah mungkin sebuah perusahaan yang sudah ternama dan sudah menyabet berbagai penghargaan sebagai produk berkwalitas mau mengorbankan nama baiknya dengan mencampuri produknya dengan campuran bahan mercury yang tentu sangat dilarang diSingapura. Lalu kalau sudah masuk kebursa saham juga apakah benar memang produknya tidak di kenal ???

Lantas mengapa banyak komentar yang mengatakan (tentunya tanpa bukti) bahwa produk ini mengandung mercury ? entahlah…..saya mencoba analisa seperti ini.

a. Produk ini dapat mengelupaskan wajah terutama no. 4 (skin recon), memang benar dan dulu banyak sekali beredar racikan obat perawatan wajah dan kosmetik yang bisa didapat dipertokoan atau salon-salon kecantikan yang mencampuri produknya dengan mercury untuk memberi efek memutihkan wajah dengan cara pengelupasan, tapi coba dilihat lagi konsep utama dari produk dr’s secret apakah memutihkan wajah ? tidak sama sekali tidak, dengan menggunakan dr’s secret wajah kita tidak akan putih, saya sudah banyak bertemu dengan teman-teman yang dasar kulitnya gelap kemudian menggunakan produk dr’ secret tetap gelap, lantas apa yang membedakan ?? kulit wajah terlihat bersih dan cerah, kencang dan berseri seri, bagi yang memang kulit putih akan jelas terlihat merona.

Kalau bahan kosmetik yang dapat memutihkan wajah memang benar kulit kita putih, tapi terlihat putih pucat dan bila pemakaian dihentikan tiba-tiba langsung kulit wajah terlihat kusam karena hanya mampu bekerja dipermukaan kulit, kondisi ini tidak berlaku saat menggunakan dr’s secret yang sanggup bekerja jauh kelapisan dermis, bila menghentikan pemakaian (dengan catatan tuntas tahap rekontruksi dan tahap perawatan) maka wajah kita tidak langsung terlihat kusam. Bahkan bila kulit kita sudah stabil krem malamnya (no.3 dan 4) boleh tidak harus dipakai setiap malam, saya bahkan saya pernah mencoba tidak memakai no. 3 (skinlight) dan no. 4 (skinrecon) selama 2 minggu kecuali untuk no. 1 (Cleanser) yang namanya membersihkan wajahkan kudu, no.2 (toner) buat nyegarin wajah dan no. 5 (sunscreen) lebih kudu lagi tetap saya pakai, hasilnya tetap bagus. Kalau begitu campuran bahan apa yang digunakan dr’s secret untuk mencerahkan wajahya ? melalui pengembangan IPTEK saat ini sudah ditemukan lagi bahan-bahan yang dapat mengelupaskan wajah serta memutihkan kulit tanpa merusak kulit seperti bahan arbutin di ekstrak dari kulit buah pir, ekstrak mulberry, jeruk limun, serta vitamin C, namun tentu saja dengan menggunakan campuran ini membutuhkan biaya yang lebih besar sehingga harga produk lebih mahal dan untuk mampu mengekstrak dari bahan alamiah tersebut sudah pasti membutuhkan support financial dan laboratorium yang lengkap sehingga hasil ekstraknya benar-benar efektif bekerja dikulit, untuk itu membutuhkan riset terus menerus, yang ujung-ujungnya berimbas pada harga produk yang mahal, itulah salah satu faktor yang membedakan kenapa ada produk yang mahal kenapa ada yang murah, kembali lagi uangkan tidak menipu.

b. Kenapa harus melalui proses pengelupasan ?? proses pengelupasan yang terjadi dengan pemakaian produk ini masih merupakan hal wajar, mengapa dikatakan wajar, kerja dari produk ini sebenarnya sangat mengikuti kerja dari anatomis kulit kita, pasti semua teman-teman sudah mengetahui bahwa kulit ari (lapisan tanduk/lapisan epidermis/lapisan kulit terluar) memang mengelupas sendiri secara normal setiap 28 hari sekali, dengan rincian 14 hari untuk proses pembentukan dan pembelahan sel kulit dan 14 hari lagi untuk proses pemantangan sampai dengan diangkat, jadi tidak menggunakan produk apapun kulit kita akan mengelupas, tapi kenapa tidak terlihat dengan kasat mata? bisa disebabkan karena biasanya debu dan kotoran yang menempel diwajah, apalagi kalau menggunakan pembersih wajah yang tidak sesuai dan tidak efektif mampu mengangkat semua kotoran, maka proses pengelupasan sel kulit ari tersebut akan terganggu sehingga banyak sel kulit mati menumpuk di permukaan wajah, kulit terlihat tidak bersih, tidak berseri, dan tidak cerah, akibatnya kulit terlihat kusam.

Adanya kotoran dan penumpukan sel kulit mati di permukaan membuat kulit tidak bisa bernafas karena permukaan tertutup kotoran, sehingga mengganggu metabolisme dan regenerasi sel kulit, sel menjadi tidak sehat. Pasti kita pernah atau bahkan sering bertemu dengan seseorang yang terlihat wajahnya lebih tua dari umur yang sebenarnya. Salah satunya disebabkan karena faktor ini.

Lantas teman-teman pasti tau banget dong produk-produk tradisional sebagai bahan peeling / scrubbing seperti tepung beras dan bengkoang, ataupun kalau rajin kesalon sering jugakan melakukan peeling, kalau keklinik kecantikan pasti pernah melakukan debramasi, bukan hanya wajah pasti semua tau istilah luluran diseluruh badan, apasih itu semua ? itulah proses yang memang harus dilakukan untuk membantu mengelupaskan dan membuang kulit rusak, setelah peeling/scrubbing/luluran/debramasi terlihatkan kulit jadi lebih bersih dan cerah jadi jangan takut dengan proses pengelupasan, karena saya pernah mendengar dari beberapa produk perawatan wajah/kosmetik lainnya yang menyatakan bahwa produk yang bagus adalah yang tidak menyebabkan kulit wajah terkelupas…….jadi ???? bagaimana mungkin meregenerasi sel kulit baru bila sel kulit lama tidak dibuang.

Kembali lagi mengenai pengelupasan yang terjadi karena pemakaian produk dr’s secret, konsep dari produk ini adalah memperbaiki struktur kulit dari dalam (termasuk lapisan dermis) dengan membongkar dan membuang sel-sel kulit yang tidak sehat serta memperbaiki masalah – masalah kulit lainnya, seperti jerawat, komedo, pigmentasi dan sebagainya melalui proses pengelupasan, bukanlah pekerjaan sulap dan sihir yang sekali cling langsung kinclong, tentu saja proses ini membutuhkan waktu beberapa minggu bahkan bulan, dan kerjanya sangat mengikuti dasar kondisi dari kulit wajah kita (ingat setiap lapisan sel kulit berumur 28 hari untuk sampai kepermukaan), apa buktinya ? kalau dasar kulit kita berjerawat maka jerawat yang ada di dalam akan dikeluarkan dulu semuanya kepermukaan, jenis kulit kering pengelupasannya 1 minggu, kulit normal 2 minggu, kulit berminyak, 3 minggu, dan terlihat sekali pada kulit yang dasarnya tidak mempunyai masalah, maka hasilnya akan terlihat cepat, sedangkan kalau masalahnya banyak hasil terlihat lebih lama, saya sendiri secara pribadi butuh waktu 2 bulan mulai terlihat hasilnya, karena kondisi kulit yang parah, jerawat, flek, kusam serta bekas-bekas jerawat.

Jadi jangan bilang teman saya cocok saya nggak, harus dipahami kondisi dasar kulit kita berbeda-beda, masa iya flek yang sudah setahun ingin dimusnahkan dalam waktu 1 bulan…..kalau pun ada…kembali lagi…mercury bukan? jadi pengelupasan yang terjadi dengan menggunakan produk ini tidak terjadi secara terus menerus, kalaupun terjadi tidak lagi dalam jumlah banyak seperti saat penggunaan pertama, tapi dalam jumlah yang sedikit sesuai dengan jumlah sel kulit yang memang secara normal harus dibuang.

Mungkin saya perlu juga menambahkan di sini, bagi teman-teman yang sudah pengalaman memakai pasti pernah melihat atau merasakan setelah berapa lama pemakaian dan terjadi pengelupasan, kulit terlihat bagus namun beberapa hari kemudian terlihat pengelupas lagi, kenapa ? kembali lagi disini saya ingatkan pada proses penggantian kulit, kerja pertama dari obat ini adalah mengelupas dan membuang kulit ari yang terdapat dipermukaan, tujuannya agar obat dapat masuk lebih dalam, setelah itu kulit terlihat lebih bersih, tapi kemudian obat ini menembus kelapisan dermis dan memperbaiki pertumbuhan sel kulit dari dalam, terjadilah proses pembuangan sel-sel kulit yang tidak sehat di lapisan dalam, namun karena proses perjalanan sel kulit dari dalam keluar membutuhkan waktu beberapa hari, maka terlihatlah pengelupasan kulit lagi setelah berapa lama………nah semoga terjawab.

c. Ada juga yang menduga bahwa tidak mungkin produk ini mengandung mercury karena kulit terlihat kemerahan saat pengelupasan, berdasarkan pengalaman saya yang jujur saja pernah memakai produk mengandung mercury, saya merasakan saat pengelupasan kulit terasa panas terbakar terutama saat berada dibawah terik matahari sangat terasa kulit tipis, namun saat menggunakan produk dr’s secret saja juga sempat merasakan panas namun tidak seperti terbakar apalagi tidak menyebabkan kulit kita menipis.

Kenapa kulit kita tidak menipis meskipun mengelupas? Hal ini disebabkan oleh kayanya kandungan nutrisi dalam produk dr’s secret yang memang sangat disukai sel kulit wajah untuk proses regenerasi dan pembentukan sel kulit baru apalagi dengan aliran darah yang lancar akan membawa cukup oksigen kesel maka semakin mantaplah proses pertumbuhan sel baru, jadi bila digambarkan bahwa proses pengelupasan akan sangat diimbangi dengan proses pembentukan sel. Berbeda dengan bahan yang mengandung mercury tentu saja nutrisi untuk pembentukan sel baru tidak cukup sehingga yang terjadi hanya proses pengelupasan, maka akan sangat terasa kulit menjadi tipis.

Lalu kenapa kita merasakan sensasi panas yang hanya pada awal-awal pemakaian, karena saat awal akan terjadi proses penetrasi nutrisi kelapisan dermis serta awal terjadinya pembukaan aliran darah yang membawa panas, tentu saja dengan kondisi sudah terbiasa maka rasa panas akan hilang. Panas yang dirasakan oleh kulit kita ini adalah hasil reaksi dari no.4 skin recon dengan kandungan Vitamin A,C,E. yang bekerja kelapisan dermis, lapisan dimana terdapat pembuluh darah yang memberi nutrisi untuk kulit wajah terutama kerja dari vitamin A, dapat memperbaiki struktur dinding pembuluh darah kapiler dipermukaan kulit sehingga menyebabkan aliran darah yang menuju kapiler untuk memberi nutrisi bagi sel kulit menjadi sangat lancar, apalagi kalau dibawah terik matahari, secara alamiah sifat pembuluh darah kita akan terjadi pelebaran/pembesaran saat kontak dengan suhu panas karena darah berwarna merah maka menyebabkan permukaan kulit kita terlihat merona kemerahan atau pinkies, selain itu juga darah memang membawa panas hasil metabolisme tubuh, berarti dengan peningkatan aliran darah meningkat pula panas yang dibawa kesekitarnya, hal itulah yang kita rasakan juga diwajah bila aliran darahnya lancar, jadi bukan karena terbakar.

Apabila teman-teman kedokter kecantikan atau tanya kepakar perawatan wajah tentang pemutih yang baik itu seperti apa? Pasti jawabannya gak jauh jauh seperti ini kira-kira Pemutih yang baik adalah pemutih yang aman dan efektif, jika memang dinamakan pemutih harus menghasilkan sesuai dengan yang dijanjikan yaitu dapat memutihkan. Kerja pertama pemutih kulit adalah menghancurkan epidermis atau lapisan kulit teratas dari wajah maupun tubuh.
Proses pemutihannya pun, membutuhkan waktu selama beberapa bulan. Pemakaian pemutih yang benar adalah hanya pada kulit yang berubah warna akibat terpapar sinar matahari. Untuk yang ingin berkulit putih, rajin-rajinlah membersihkan kulit dan hindari matahari”
benar kan…!

Bila memakai bahan mercury, saat berada dibawah terik matahari, maka panas yang dirasakan disebabkan reaksi mercury menjadi lebih hiperaktif saat berada diudara panas, hal ini akan memicu kerusakan dan perubahan sifat atau mutasi pada sel sehingga bisa menjadi ganas, ditambah lagi dengan proses penipisan kulit tanpa pertumbuhan sel baru, padahal proses penghancuran dan pengangkatan sel epidermis dengan kandungan mercury terjadinya sangat cepat sehingga seperti terbakar secara terus menerus tapi memang memutihkan kulit dengan cepat.

Jadi sudah terjawab bukan bedanya suatu produk apakah mengandung mercury atau tidak.

Apasih sebenarnya bahaya mercury itu sendiri ?

Merkuri (Hg) atau air raksa inorganik dipakai buat memutihkan kulit wajah, khususnya di negeri Cina. Pengunaan mercury sebagai pemutih bahkan tercatat dalam sejarah masyarakat di zaman Mesir Kuno. Masyarakat Mesir Kuno sudah memanfaatkan mercury. Barulah kemudian pada abad 18 dunia kedokteran memakai mercury sebagai obat sifilis (melawan virus penyebab penyakit kelamin atau dikenal dengan raja singa)

Penggunaan mercury sebagai bahan pemutih merupakan satu yang masih tersisa dan kendati menyalahi aturan, masih tetap saja dipasar-bebaskan sebagai bahan berkhasiat dalam krim pemutih kulit. Mercury inorganik dalam krim pemutih (yang mungkin tak mencantumkannya pada labelnya) bisa menimbulkan keracunan bila digunakan untuk waktu lama. Penggunaan mercury walau tidak seburuk efek mercury gugusan yang tertelan (yang ditemukan dalam ikan yang tercemar dan termakan), tetap menimbulkan efek buruk pada tubuh. Kendati cuma dioleskan ke permukaan kulit, mercury mudah diserap masuk ke dalam darah, lalu memasuki sistem saraf.

Manifestasi gejala keracunan mercury akibat pemakaian krim kulit muncul sebagai gangguan sistem saraf, seperti tremor, insomnia, kepikunan, gangguan penglihatan, gerakan tangan abnormal (ataxia), gangguan emosi, gagal ginjal, batu ginjal. Oleh karena umumnya tak terduga kalau itu penyakitnya, kasus keracunan merkuri, sering salah di diagnosis sebagai kasus Alzheimer, Parkinson, atau penyakit gangguan otak.

Sebenarnya ada jenis bahan pemutih lainnya yang dapat dipergunakan sebagai pemutih yang jauh lebih aman dari mercury antara lain AHA (Asam Alfa Hidroksi), AHA yang terdapat dalam kosmetik pemutih dipasaran bebas umumnya berkadar 4 % sedangkan yang dianjurkan oleh dokter lebih besar dari 8%. Selain AHA, adalagi bahan pemutih lainnya yaitu Hidroquinon asam azleat.

Hidroquinon yang kandungannya diatas 2 % juga dikategorikan sebagai bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Saat ini hidrokuinon masih digunakan sebagian produsen pemutih karena hidroquinon mampu mengelupas kulit bagian luar dan menghambat pembentukan melanin yang membuat kulit tampak hitam. Namun, penggunaan hidroquinon dalam kosmetika bebas tak boleh lebih dari 2%.

Selain itu Hidroquinon tidak boleh digunakan dalam waktu yang lama, dan jika pemakaiannya lebih dari 2%, harus di bawah kontrol dokter. Penggunaan hidroquinon yang berlebihan bisa menyebabkan oochronosis terhadap orang berkulit gelap. Oochronosis adalah kulit berbintil seperti pasir dan berwarna coklat kebiruan. Penderita oochronosis akan merasa kulit seperti terbakar dan gatal.

Dengan demikian Hidroquinon ini dapat digolongkan obat keras yang hanya dapat digunakan berdasarkan resep dokter. Bahaya pemakaian obat keras ini tanpa pengawasan dokter dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah dan rasa terbakar juga dapat menyebabkan kelainan pada ginjal (nephropathy), kanker darah (leukemia) dan kanker sel hati (hepatocelluler adenoma).

Ciri-ciri kosmetik produk pemutih yang berbahan merkuri umumnya tampak pearly (putih mengkilap). Kendati tidak mencantumkan kandungan merkuri kita dapat dengan pintar membedakan sendiri, seperti gambar dibawah ini, teman-teman bisa membedakan yang mana mengandung mercury ?

Sebagai bahan pertimbangan lagi, ada Pengalaman dari salah satu pelanggan saya, dimana saat awal pemakaian merasakan gatal yang luar biasa, sehingga berobat ke dokter dan dokter mengatakan bahwa hal tersebut merupakan reaksi alergi terhadap obat tersebut, yang kemungkinan disebabkan oleh mercury, kemudian diberikan resep obat anti gatal, namun gatalnya tidak hilang, padahal sebelumnya saya sudah menjelaskan dan dibuku petunjuknya juga ada penjelasan lengkap bahwa disini gatal yang muncul merupakan reaksi normal yang terjadi saat proses pembuangan kulit melalui dipermukaan kulit, bagaimana hal tersebut bisa terjadi ? saya coba jelasin secara fisiologisnya, pasti teman-teman pernah mengalami luka dipermukaan kulit, kemudian saat luka mulai sembuh merasakan gatal-gatal diarea sekitar luka, mekanisme yang sama dengan kerja dari produk dr’s secret ini, bagaimana bisa ? saat penyembuhan luka terjadi penggantian sel-sel kulit yang rusak digantikan dengan sel kulit baru, saat sel kulit itu dalam proses pembuangan kepermukaan kulit menyebabkan rangsang pada syaraf gatal yang memang banyak terdapat dipermukaan kulit, sehingga kita merasakan gatal, bila luka lebih dalam terjadi juga pergantian jaringan elastin dan kolagen dimana saat pertumbuhan kedua jaringan yang terdapat dilapisan dermis tersebut juga akan merangsang syaraf gatal, begitu juga produk dr’s sceret yang memang bekerja sampai lapisan dermis membantu prose pembentukan elastin dan kolagen.

Berbeda dengan gatal yang disebabkan oleh alergi, yang memang didalam tubuh seseorang terdapat faktor alergennya dari internal, kalau kata dokter kulit sih zat alergen tersebut sering dikaitkan dengan immunoglobulin E dan eosonofil, saat seseorang kontak dengan sesuatu bahan yang oleh tubuh dikenal atau merupakan faktor alergen, maka tubuh secara otomatis akan mengaktivasi immunoglobulin E tersebut sehingga memicu pelepaskan zat kimia, seperti histamin dan bradikinin, akibatnya yang akan merangsang syaraf gatal sehingga timbullah gatal-gatal, pelepasan bradikinin dan histamine tersebut dapat dihentikan dengan obat anti gatal sehingga gatal akan hilang.

Pada beberapa tipe orang yang memang punya riwayat alergi karena faktor didalam tubuhnya sendiri biasanya kulitnya lebih sensitive, dapat bereaksi terhadap apapun, bahkan terhadap sabun bayi saja juga bisa. Tidak dipungkiri bahwa ada beberapa teman-teman yang mencoba memakai produk dr’s secret ini dan memang mempunyai riwayat alergi timbul reaksi berlebihan terutama untuk pemakaian no. 4 namun cara pemakaiannya dapat dimodifikasi dengan menggunakan no.3 dan no.4 tidak bersamaan selama ± 1 bulan, dan harus diselingi dengan pemakaian no. 6 (moisturizer) untuk mengurangi reaksi yang berlebihan, nanti setelah kulit terbiasa maka, pemakaian dapat dilakukan lagi secara normal. Jadi harus tanya secara lebih mendatail kepada beauticiannya juga jangan bohong kalau memang punya riwayat alergi karena dapat merugikan diri sendiri.

Statmen untuk mendiagnosis apakah benar kita alergi dengan kandungan suatu produk tersebut sebenarnya dapat dibuktikan ke dokter karena ada tes tersendiri baru bisa dokter mendignosis bahwa alergi produk, jadi bukan hanya hasil pengamatan sesaat atau sekedar mendengar cerita-cerita, karena segala sesuatunya pasti ada ilmu pengetahuannya.

Mengenai seorang teman yang mengaku kerabatnya dokter spesialis kulit yang katanya sudah memegang surat bukti pernyataan dari BPPOM bahwa produk ini mengandung mercury dan hidroquinon.

Rasanya akan bijak sekali kalau memang punya niat yang baik dan ingin membantu teman-teman lain untuk mau sekiranya menscaning surat bukti tersebut dan ditampilkan diinternet, jadi kita semua tahu kebenarannya dan kalau memang terbukti kita akan sangat berterimakasih sekali karena informasi tersebut dapat menyelamatkan kita dari kemungkinan rusaknya wajah akibat produk yang tidak bertanggung jawab, sayangnya pernyataan ini pernah saya baca disalah satu blog yang ternyata menawarkan produk perawatan wajah juga, jadi……..silahkan teman-teman berfikir sendiri.

Bagaimana dengan pernyataan dari teman yang mengaku bahwa dia punya kenalan di Singapura yang dapat membuktikan di laboratorium bahwa produk ini mengandung mercury dan hidroquinon.

Sama juga dengan diatas, kita sangat tunggu banget bukti hasil tes laboratoriumnya, apalagi kalau itu memang berita dari Singapura yang notabenenya adalah gudang produk ini, pasti kebenaran informasi tersebut sangat kita membantu kita memilih produk yang healthy. Prinsipnya kalau memang punya data akurat mari kita berbagi disini dengan niat untuk membantu teman-teman semua bukan untuk menjatuhkan.

Tapi untuk menambah informasi buat teman-teman ini saya scan juga bukti hasil riset dari HSA Singapura tentang kandungan mercury dan hidroquinon

bwl-004

Kalau memang produk  bagus kenapa di jual secara MLM.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan penjualan produk MLM, bahkan kalau diamati semua produk yang bagus dan bermutu sebagian besar memang dipasarkan secara MLM, mungkin di Indonesia saat ini kita mengalami krisis kepercayaan dengan pemasaran secara MLM akibat ulah dari beberapa perusahaan atau individu yang mengadakan penipuan atau seperti memaksa calon pembeli untuk membeli suatu produk karena mengejar target dan bonus, hal tersebut memang sering kita temui, namun dinegara-negara tetangga seperti Malaysia misalnya, sudah hal biasa penjualan produk melalui MLM justru produk-produk yang lebih berkwalitas.

Pasti ada pertanyaan yang muncul dibenak kita kalau memang bagus kenapa tidak memasang iklan besar-besaran dimedia seperti TV, koran, majalah (beberapa kali saya temui ada tapi majalah tertentu) billboard dan lain lain seperti produk-produk kecantikan yang sangat sering kita lihat muncul dilayar kaca tiap 5 menit disemua stasiun TV, kita semua tau bahwa ini adalah tekhnis marketing yang berbeda-beda, pemasaran melalui media massa memang ditujukan untuk semua kalangan yang artinya dapat dijangkau oleh semua kalangan, siapapun dan kapanpun, perlu atau tidak perlu, percaya atau tidak percaya, tapi tentu saja menyedot biaya marketing yang tidak sedikit, tidak masalah kalau biaya produksi tidak mahal.

Penjualan melalui MLM prinsipnya adalah kepercayaan dan pengalaman langsung dari yang sudah memakai, bahkan calon pembeli dapat melihat langsung hasilnya dari yang sudah memakai sebelumnya, dan bila anda tidak memakai produk tersebut beranikah anda menawarkan ? pasti tidak, mungkin ada yang berani, tapi pasti sangat sulit menjelaskan keorang lain.

Bila anda melihat seorang bintang dilayar kaca untuk iklan sampo yang memperlihatkan rambutnya yang tebal, berkilau dan indah, yakinkah teman-teman bahwa sang bintang tersebut memang benar memakai produk yang diiklankan, dan saat anda memakai produk tersebut bahkan bertahun-tahun mungkin apakah sudah mencapai hasil seperti yang teman-teman lihat diiklan.

Lalu bagaimana dengan penjualan di supermarket atau counter-counter kecantikan di mal-mal terkenal, karena pernah ada yang menanyakan juga hal tersebut kesaya, akhirnya membuat saya berfikir benar juga ya……..pertanyaan yang cukup menggelitik……saya rasa juga tidak ada yang salah, namun kembali lagi bahwa yang diharapkan dalam pemasaran produk ini adalah hasil perubahan langsung yang dapat dilihat dari yang memakai dan merasakan mamfaatnya. Coba teman-teman bayangkan bila sedang berjalan-jalan dimal tiba-tiba ditawarkan produk perawatan wajah dengan harga mencapai 3 juta (untuk sat ini) apakah mau dengan begitu mudah langsung mampir kecounter tersebut dan mau membeli, tentu tidak, pasti akan mikir-mikir panjang.

Lalu bagaimana kalau teman-teman tiba-tiba bertemu dengan seorang teman yang tau bagaimana dulu kusam wajah temannya namun saat bertemu lagi terlihat sangat cerah dan bersinar, mungkin tidak ditawarkanpun pasti teman-teman yang punya inisiatif bertanya ”pakai produk apasih” bla..bla..bla…walaupun tidak tertarik langsung untuk membeli setidaknya sudah mulai berfikir-fikir saat pulang kerumah, ”kok bisa ya wajahnya jadi bersih seperti itu”

Produk ini banyak bohongnya….karena kebanyakan orang tidak cocok dan menimbulkan reaksi alergi.

Seperti pada penjelasan diatas tentang alergi saat memakai produk ini, memang ada yang terjadi reaksi berlebihan saat memakai produk karena orang tersebut mengandung faktor alergen dari dalam, tapi bila dikonsultasikan dengan benar dapat ditangani dan disesuaikan cara pemakaiannya, semua kan pasti ada jalan keluarnya.

Tapi celakanya lagi saya pernah bertemu dengan seseoang yang sudah pakai produk ini selama 5 bulan dan sudah menghabiskan 2 set, namun tidak memberikan hasil yang maksimal karena tidak mau bertanya pada beutician, bahkan saat membelipun sama sekali tidak mau konsultasi, menganggap tidak perlu karena produk ini sudah mahal jadi pasti akan memberikan hasil yang bagus meskipun pakai sembarangan saja, itu merupakan suatu pemikiran yang keliru karena berapapun mahalnya kalau tidak tau cara penggunaan yang tepat semua pasti berantakan.

Banyak memang teman-teman yang sempat merasa panik dengan reaksi yang muncul saat proses awal-awal pemakaian, padahal kalau mau jeli membaca buku petunjuk, dan mau terus berkonsultasi dengan beuticiannya, pasti kita tidak perlu merasa panik, karena ada hal yang harus kita pahami bahwa segala sesuatu semua pasti harus melalui proses, kondisi bertambah buruk kalau reaksi yang muncul tersebut disampaikan atau dikeluhkan ke orang lain yang sama sekali tidak kenal dengan produk ini, atau kenal tapi tidak pernah memakai, atau pernah memakai tapi juga bandel tidak mengikuti aturan, pastilah komentar yang diterima akan semakin seru bahwa produk ini memang tidak bagus dan berbahaya untuk kulit.

Satu pengalaman unik yang pernah saya dapatkan adalah ketika saya mendapat teman yang memakai produk ini dengan profesinya dokter (maaf mungkin ini tidak semua) karena merasa sangat tau tentang mekanisme kerja tubuh dan obat-obatan, saat saya mencoba memberi penjelasan sama sekali tidak mau mendengar, apa yang coba saya sampaikan cenderung dibantah dan ternyata seminggu kemudian saya dipanggil serta diomelin menganggap saya berbohong dengan produk ini, hanya karena saat itu sedang terjadi pengelupasan kulit dan kemerahan, beliau merasa selama ini tidak pernah punya masalah dengan kulit, dan memang dari riwayat perawatan wajahnya selama ini tidak pernah sekalipun melakukan perawatan wajah karena merasa kulitnya normal, bagus dan tidak punya masalah, jadi untuk apa dirawat, justru beliau merasa kalau mukanya diutak-atik malah wajah menjadi rusak seperti sekarang sambil menunjuk kewajahnya saat itu yang sedang mengalami proses rekonstruksi.

Sekilas bila dilihat memang wajahnya tidak punya masalah dengan jerawat, flek maupun komedo, hanya terlihat kusam, tidak bercahaya dan terlihat wajahnya lebih tua dari umurnya yang masih kepala 2 alias jauh di bawah saya.

Ya ini hanya sekedar sharing pengalaman siapa tau teman-teman pembaca selama ini kurang mau mendengar dulu penjelasan yang lengkap karena merasa paling tau semua akibatnya malah merugikan diri juga.

Pernyataan yang sering kita dengar sih cocok-cocokkan, padahal sebenarnya tidak juga seperti itu, semua tergantung juga pada dasar masalah kulit, ketelatenan dalam menggunakan, kepercayaan saat menggunakan suatu produk, juga kedisiplinan dan mau mendengarkan masukan.

Lebih seru lagi saya pernah bertemu teman yang secara finansial masih harus mikir-mikir ingin membeli, tapi timbul koping pertahanan dirinya dengan mengatakan bahwa produk ini tidak bagus dan cenderung menjelek-jelekkan, dan memang kecenderungan kita kan kalau melihat hasilnya kurang bagus dan tidak memuaskan akan timbul kekecewaan, untuk mengurangi itu hal yang mudah adalah menjelek-jelekkan produk tersebut karena ingin mencapai suatu kepuasan batin yang tentu saja kalau diakui secara jujur dalam hati ingin agar orang lain juga gagal bila menggunakan produk tersebut.

Saya jadi ingat nasehat yang mengatakan tentang suatu kebaikan, bila munculnya 10x baru akan diomongin 1x, tapi suatu kejelekan bila terjadi 1x akan menjadi omongan 10x, itulah mengapa buat kita sesmua akan lebih mudah mendapat informasi negatif daripada positif, apalagi kalau kita memang dasarnya sering atau mudah sekali negatif thingking dulu terhadap sesuatu.

Maka yang terjadi adalah saya banyak bertemu dengan konsumen yang berniat mau menggunakan produk ini tiba-tiba tidak jadi, karena keburu mendapat informasi jelek dari sumber yang tidak tepat atau bahkan menghentikan produk pemakaian justru disaat obat ini sedang bekerja merekonstruksi kulit, tanpa menyadari atau mau tau kondisi kulit dasar kita sendiri seperti apa. Mungkin kalau saya ilustrasikan sama seperti kita merenovasi rumah, kalau rumah rusak parah pasti proses pembongkarannya lebih lama dan lebih banyak, namun kalau rumah hanya mengalami kerusakan sedikit tentu yang diperlukan hanya perbaikan sedikit sana-sini langsung bagus kembali.

Jadi artinya kalau dasar permasalahan kulit anda memang banyak jangan berharap dengan waktu cepat dan singkat langsung mendapatkan hasil yang memuaskan, kalu yang serba cepat justru meragukan.

Berikut ini saya coba tampilkan hasil pengujian pemakaian produk ini pada 23 orang dengan berbagai permasalah kulit :

  • Kulit bersinar mencapai hasil 95%
  • Pigmentasi mencapai hasil 82%
  • Garis-garis halus mencapai hasil 78%
  • Bintik hitam mencapai hasil 69%

Pada kondisi kulit yang lebih parah memang memerlukan bantuan suplemen dari dalam seperti tambahan Borage seed oil atau black currant untuk membantu proses perbaikan kulit dari dalam tubuh.

Ada juga yang mengatakan bahwa….produk ini dari namanya saja dr’s secret…yang berarti menurut mereka adalah dokter rahasia……jadi karena rahasia…kalau terjadi apa-apa pasti gak ada yang bertanggung jawab.

DR’s secret itu kepanjangan dari dermatologi revolution secret atau rahasia perubahan besar pada kulit, ya namanya orang sih bisa sajakan berasumsi macam-macam. Nasehat dari saya ada baiknya sebelum memutuskan membeli produk ini konsultasi dulu dan gali informasi selengkap-lengkapnya dari sumber terpercaya atau para beautician yang sudah berpengalaman, selama proses pemakaian mintalah pemantauan terus dari beauticiannya, sempatkan juga dengan ditemanin beauticiannya berkonsultasi langsung dengan ahlinya yang sering datang dari Singapura, tanya jadwalnya, ikuti semua petunjuk jangan suka membuat aturan sendiri, misalnya kalau dilarang pakai bedak selama rekonstruksi jangan bandel, minum air putih banyak dan sayuran untuk membantu juga dari dalam, jangan memakai produk asal-asalan dan tidak disiplin.

Pasti semuakan ada aturannya, contohnya saja kalau teman-teman sakit lalu minum obat apalagi yang dari dokter pasti ingat sekali aturannya seperti : minum sebelum atau sesudah makan, minum 2 x sehari, minum 1 jam sebelum makan dan banyak lagi aturannya. Kalau tidak diikutikan efeknya tidak sesuai harapan semahal apapun obat yang teman-teman minum….benarkan. Memang tidak dipungkiri bahwa kadang kita kurang puas dengan informasi yang didapat dari beauticiannya, tapi sebagai konsumen yang cerdas jangan putus asa gali dan cari lagi sumber informasi yang lain. Jadi semua ada jalan keluarnyakan……

Pernah juga sih pertanyaan yang diajukan kesaya oleh salah satu calon pemakai….kenapa produk ini tidak dibawah pengawasan dokter kulit, kalau terjadi apa-apa dengan pemakaiannya siapa yang bisa menangani.

Teman-teman sebagai konsumen yang cerdas pasti mungkin akan berfikir yang sama, tidak salah karena itu untuk membantu kita memastikan bahwa produk ini ada yang bertanggung jawab, namun sebagai gambaran informasi yang mungkin dapat membantu menengahi kegelisahan dan kekhawatiran teman-teman tentang ini adalah :

d. Produk ini konsep utamanya adalah nutrisi dan vitamin untuk kulit, sehingga bahan yang dikandungnya bukanlah bahan-bahan berbahaya, kebanyakan bahannya dari tumbuh-tumbuhan yang mengalami proses ektract dilaboratorium

e. Tidak mengandung mercury, hidroquinon, AHA dan asam azaleat yang memerlukan pengawasan dokter secara ketat

f. Proses penemuan dan penyempurnaan produk ini sendiri dilakukan melalui suatu proses riset yang panjang

g. Dipasarkan secara modern dan profesional dengan informasi kandungan bahan yang jelas, jangan takut teman-teman bisa juga datang kecounter-counter resminya yang sudah banyak terdapat di Indonesia.

h. 2 pendiri perusahaan ini notabenenyakan memang ahli dibidang biokimia tubuh  dan sudah berpengalaman bekerja meriset di perusahaan-perusahaan kosmetik yang terkenal di Amerika

3 Comments »

  1. artikel yang menraik dan bagus…saya nantikan artikel yang selanjutnya ya

    Comment by konsultasi kecantikan — November 15, 2008 @ 4:04 am

  2. nice info Dok, salam kenal dari Ts di balikpapan

    Comment by konsultasi kesehatan — November 15, 2008 @ 9:33 pm

  3. trim ya atas responnya, salam kenal juga untuk mas ferry, Btw saya bukan dokter lho..hanya wanita yang peduli dengan kesehatan dan perawatan kulit.

    Comment by evicity74 — February 10, 2009 @ 10:42 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Banana Smoothie Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: