Kesehatan & Kecantikan (Dr’s Secret)

Menjadi Konsumen yang cerdas

acne-treatment-model-utuk-iklan.jpg

Anda pasti sangat mendambakan kulit yang sehat, bersih dan cerah secara alami terutama kulit wajah karena merupakan bagian terdepan yang paling memberi kesan, terutama para wanita, namun tidak semua dengan mudah kita mendapatkan kulit wajah yang sesuai keinginan kita, apalagi dengan pertambahan usia semakin banyak problem yang kita temui. Saat bercermin pagi hari kita sering melihat wajah yang kusam, kering, mengeriput, berjerawat bahkan flek hitam, tapi kita sering mengkhianati itu semua dengan menutupi wajah kita dengan alas bedak dan bedak yang lebih tebal, dengan percaya diri kita tampil didepan publik seolah-olah tidak terjadi apa-apa, padahal saat yang bersamaan sel-sel kulit wajah anda sedang bekerja berat melawan berbagai tantangan seperti :

1. Trauma

2. Radiasi sinar ultraviolet

3. Perubahan suhu yang sangat ektrim

4. Toxin atau racun (mis : dari asap rokok, asap kendaraan)

5. Mikroorganisme

6. kotoran dan debu

7. belum lagi bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik yang anda gunakan.

Jangan lupa kulit anda sangat penting untuk menutupi dan melindungi jaringan dan organ-organ dibawahnya berfungsi sebagai :

1. Organ persepsi sensory, dimana kulit anda dapat merasakan cuaca, panas sehingga anda berusaha berlindung, merasakan cuaca dingin sehingga anda memakai baju yang lebih tebal, merasakan bila ada gigitan atau sengatan sehingga anda berusaha menghindari.

2. Pengatur suhu, dengan kulit yang pertama merasakan perubahan suhu ektrim, misal saat kita terlalu panas maka pembuluh darah dibawah kulit kita akan bervasodilatasi (melebar) aliran darah lancar maka produksi kelenjar keringat meningkat untuk mendinginkan, sebaliknya bila sangat dingin pembuluh darah dibawah kulit kita akan vasokonstriksi (mengecil) sehingga aliran darah kekulit menurun tapi mengutamakan aliran darah keorgan yang lebih penting (ginjal, jantung, paru-paru, otak) sehingga kerja organ tersebut tetap baik meski cuaca sangat dingin.

3. Kontrol terhadap kehilangan cairan, kulit dapat menjadi indikator bila tubuh kita kekurangan cairan. Anda dapat mengamati dengan menarik kulit anda, bila terlihat keriput tidak kenyal tidak kembali dengan cepat tarikannya atau seperti kulit orang tua, maka menunjukkan anda mengalami kekurangan cairan yang tentu saja sangat berbahaya untuk menjaga kelangsungan kerja organ tubuh bagian dalam.

4. Fungsi imunitas, diatas permukaan kulit anda hidup semacam organisme yang merupakan flora normal dikulit anda dimana berfungsi sebagai pasukan yang melawan mikroorganisme asing dari luar yang datang, anda pasti setiap hari kontak dengan udara atau lingkungan luar yang terdapat berjuta-juta mikroorganisme tapi mengapa tidak selalu kulit anda menderita penyakit kulit ??..karena kemampuan perlawanan mikoorganisme kulit anda masih bagus, namun mikroorganisme tersebut dapat rusak antara lain karena bahan-bahan kimia yang berbahaya yang terdapat dalam suatu produk kecantikan yang setiap hari kita pakai, atau gosokan / scrub yang terlalu kuat dan sering.

Tapi sangat sering kita mengorbankan kulit wajah kita yang hanya satu-satunya dengan perawatan ala kadarnya tapi cepat memberi hasil sesuai keinginan anda dan tidak mau repot-repot, atau meracuni kulit wajah kita dengan berbagai produk yang tidak jelas kandungan bahannya. Kita lebih rela merogoh kocek untuk membeli baju, tas, sepatu, perhiasan bahkan handphone dengan harga jutaan, tapi untuk kulit wajah kita mengeluarkan uang ratusan rupiah saja terasa sangat berat dan mikir 200x.

Maka anda sebagai konsumen dan kita semua memang harus lebih pintar dalam memilih produk jangan hanya tergoda dengan iklan yang murah tapi bisa mengatasi semua masalah dalam waktu singkat, namun kita harus benar-benar jeli mengamati semua, melakukan perawatan diklinik atau dokter kecantikanpun belum menjadi suatu jaminan, pernahkah anda saat perawatan kulit dengan gamblang ahli kecantikan mau memaparkan dengan jelas kandungan bahan yang digunakan pada kulit wajah anda, apalagi yang racikan sendiri, siapakah yang mengawasinya, apakah jelas anda melihat terdaftar diBPPOM ? siapakah yang mengawasi secara terus menerus jumlah kandungan bahan kimia yang digunakan ? memang benar ada ijinnya tapi apakah perijinan tersebut sampai detail mengamati produk tersebut apalagi pengurusan perijinan 5 tahun sekali…. maka anda yang menentukan sebagai konsumen, jadilah konsumen yang cerdas.

Bagaimana caranya ?

  1. Mengetahui dan mengenal anatomi fungsi kulit………lho kenapa…itukan tugas dokter ??? betul tapi sangat tidak salah kita punya pengetahuan yang lebih tentang struktur kulit kita
  2. Mengetahui dengan jelas kandungan bahan-bahan dalam suatu produk serta memastikan fungsi dan cara kerja bahan tersebut
  3. Memastikan bahwa kandungan bahan kimia yang ada memang sesuai, aman dan diawasi secara ketat oleh suatu lembaga yang tepat
  4. Tidak hanya tergoda dengan harga murah…tapi bisa mengatasi masalah
  5. Mengetahui efek bahan-bahan kimia yang berbahaya terutama kandungan mercury dan hidroquinon terhadap organ-organ dalam tubuh kita, terutama hati dan ginjal, kenapa dan bagaimana caranya kok bisa dari wajah turun kehati dan ginjal, pasti kita berfikiran gak mungkinkan, jauh lagian terlindung dari berbagai lapisan, tapi kenapa bisa ? itulah hebatnya bahan-bahan kimia terutama mercury dari kulit wajah kita dapat masuk dan menembus berbagai lapisan kulit sampai masuk pembuluh darah mengalir mengikuti aliran darah sampailah dihati yang merupakan organ untuk menetralisir berbagai racun yang masuk dalam tubuh termasuk mercury, untuk beberapa kali sih sanggup tapi bila itu terjadi setiap hari apalagi sampai bertahun-tahun, maka hati mengalami kelelahan dan rusak, terjadi pengendapan dan memicu pertumbuhan sel kanker, lalu bagaimana dengan ginjal ? merupakan organ yang berfungsi membuang sisa racun melalui urin(kencing) tapi kejadian yang sama seperti pada organ hati berakhir dengan kerusakan ginjal dan memicu sel kanker, maka dari wajah turun kehati dan keginjal menjadi kanker dan penyakit lain akibat kerusakan organ tersebut yang tentusaja tidak dapat diobati dengan uang yang hanya ratusan rupiah saja. Tapi ada yang bilang, ah saya sudah bertahun-tahun memakai gak apa-apa ? betulkah….seberapa banyak dari kita yang mau memeriksa organ dalam melalui medical chek up, kembali lagi alasannya mahal, dan jangan lupa lho organ tubuh kita sangat tinggi kemampuannya untuk berkompensasi atau beradaptasi dengan kerusakan yang terjadi sangat perlahan sehingga bertahun-tahun kita tidak merasakan keluhan, tapi coba lihat daftar angka kejadian penyakit gagal ginjal, hepatitis, kanker hati atau kanker ginjal ? semakin meningkat bukan??????……..

kanker ginjal

kidney_cancer_papillary_renal_cancer_carcinoma.gif

kanker hati

liver_cancer_nodular_hodgkins_metast_liver_cancer.jpg

    Leave a Comment »

    No comments yet.

    RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    Create a free website or blog at WordPress.com.

    %d bloggers like this: